Perbedaan Hepatitis A Dan Hepatitis B

Perbedaan Hepatitis A Dan Hepatitis B

Seperti diketahui, hepatitis ada beragam jenisnya, dua di antaranya adalah hepatitis A dan hepatitis B. Berikut ini Perbedaan Hepatitis A Dan Hepatitis B yang harus anda ketahui dan pahami baik-baik. Simaklah pembahasannya berikut ini !

Perbedaan Hepatitis A Dan Hepatitis B

Hepatitis adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus yang meyerang bagian organ hati hingga menyebabkan kerusakan hati. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit paling mematikan, sehingga penyakit ini banyak ditakuti di dunia. Hepatitis dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tingkat keparahannya serta dibedakan juga berdasarkan virus penyebabnya, yakni hepatitis A, B, C, D, E, F dan G. Hepatitis C disejajarkan dengan HIV, Tuberculosis dan Malaria. Penyakit ini selama ini dikenal sebagai penyakit paling mematikan.

Hepatitis A dan hepatitis B memang menjadi dua di antara jenis hepatitis yang lebih sering dijumpai, di mana kedua jenis hepatitis tersebut termasuk ke dalam kategori penyakit paling menular dan juga berbahaya, bahkan berisiko menyebabkan kematian. Oleh karenanya, mengenali kedua jenis hepatitis tersebut menjadi hal yang penting, terutama mengenali perbedaan kedua jenis hepatitis tersebut.

Lalu seperti apa perbedaan antara hepatitis A dan hepatitis B ini?

Hepatitis A

Pada penyakit hepatitis A biasanya hanya akan menimbulkan penyakit kuning dan relatif masih ringan karena tidak mengakibatkan penyakit hati jangka panjang (kronis) dan kematian. Penyakit hepatitis jenis ini jarang terjadi, dapat menular melalui melalui rute anus-mulut seperti misalnya penggunaan tempat makan tau minum secara bersamaan.

Penyakit hepatitis A dapat dicegah dan diobati. Biasanya langkah awal pengobatan jika seseorang terdiagnosis Hepatitis A adalah istirahat total, dan sebaiknya menghindari kontak dengan orang lain agar tidak menularkan virus hepatitis A ke orang lain.

Hepatitis B

Penyakit hepatitis B adalah jenis penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus Hepatitis B (HBV) pada penyakit hepatitis jenis ini umumnya bisa disembuhkan. Akan tetapi da catatan medis yang menyatakan bahwa ada sekitar 10% dari penyakit hepatitis B yang mengembang menjadi hepatitis B kronik (menahun) dan menjadi sirosis hati atau kanker hati. Penyakit Hepatitis B bisa menyerang siapa saja dari mulai anak-anak hingga dewasa.

Perbedaan gejala

Gejala kedua jenis hepatitis ini memiliki kesamaan, antara lain menurunnya selera makan, demam, lesu, sakit perut, mual, muntah, rasa sakit pada persendian, timbulnya penyakit kuning dan buang air besar berwarna abu-abu.

Hepatitis B dapat mengakibatkan penyakit ginjal kronis, seperti gagal ginjal, sirosis atau kanker liver. Sementara hepatitis A memang tidak separah hepatitis B. Tapi, penyakit ini baru akan sembuh total dalam 6 bulan atau lebih. Penderita hepatitis A yang melakukan rawat jalan tidak akan dapat bekerja atau beraktivitas selama kurang lebih 15 hari. Sedangkan pasien yang harus menjalani rawat inap mungkin tak akan dapat beraktivitas sama sekali selama 32 hari. Sebanyak 70-80% pasien penderita tipe A ini terlihat kuning pada kulit dan matanya.

Baca Juga : Jenis Buah Buahan Yang Boleh Dikonsumsi Penderita Hepatitis

Perbedaan cara penularannya

Selain melalui makanan yang telah terkontaminasi virus, hepatitis A juga menular melalui minuman atau kontak langsung dengan penderita. Sementara hepatitis B menular melalui cairan tubuh. Bayi yang lahir dari ibu yang mengidapnya dipastikan akan menderita penyakit ini. Penularan juga bisa terjadi melalui hubungan seksual dengan penderita, penggunaan jarum suntik yang sebelumnya digunakan oleh penderita, atau pengunaan peralatan lain seperti jarum tato atau jarum tindik.

Perbedaan lainnya antara hepatitis A dengan hepatitis B

Hepatitis A ditularkan melalui feses. Cara penularannya seperti pada demam tifoid, yaitu melalui kontak langsung dengan makanan, air, barang, atau lalat yang terkontaminasi feses. Masa inkubasi bervariasi antara 15-50 hari rata-rata 30 hari. Gejala dan tanda-tanda lainnya di antaranya : mual dan muntah, kelelahan, nyeri perut atau rasa tidak nyaman (terutama di daerah hati pada sisi kanan bawah tulang rusuk), kehilangan nafsu makan, demam, air kencing berwarna gelap, nyeri otot, dan menguningnya kulit dan mata (biasa disebut penyakit kuning).

Sementara hepatitis B ditularkan melalui cairan yang berasal dari darah dan serum, termasuk cairan semen dan vagina. Cara penularanya melalui kontak dengan darah dan cairan tubuh, seperti lewat transfusi, pemajanan pada cairan tubuh termasuk selama persetubuhan hetero atau homoseksual. Masa inkubasi bervariasi, umumnya 45-180 hari, rata-rata 60-90 hari. Gejala dan tanda lainnya pada umumnya ringan. Gejala tersebut dapat berupa selera makan hilang, rasa tidak enak di perut, mual sampai muntah, demam ringan, kadang-kadang disertai nyeri sendi dan bengkak pada perut kanan atas. Setelah satu minggu akan timbul gejala utama seperti bagian putih pada mata tampak kuning, kulit seluruh tubuh tampak kuning dan air seni berwarna seperti teh.

Itulah beragam Perbedaan Hepatitis A Dan Hepatitis B. Sementara itu, untuk mengobati hepatitis, ada rekomendasi terbaik sebagai OBAT HEPATITIS AMPUH, yaitu GOLD-G Bio Sea Cucumber atau biasa disebut Jelly Gamat Gold G. Ini adalah obat herbal hepatitis yang sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah ada testimoninya. Kualitasnya pun tidak perlu diragukan, karena sudah terdaftar di BPOM RI dan memiliki sertifikasi HALAL.

Baca Juga : Legalitas Herbal Jelly Gamat

Jelly Gamat Gold G

Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu dan mengatahui informasi lebih lanjutnya, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 223 557 127

SMS/WA/Telp : 085 793 507 222

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Baca artikel menarik lainnya :

Makanan Yang Dilarang Penderita Hepatitis

Cara Order Jelly Gamat

1 Response

  1. July 25, 2018

    […] Baca Juga : Perbedaan Hepatitis A Dan Hepatitis B […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *