Manfaat Tes HBsAg untuk Mendiagnosis Hepatitis B

Manfaat Tes HBsAg untuk Mendiagnosis Hepatitis B

Salah satu cara untuk mendeteksi penyakit hepatitis B ini yaitu dengan melakukan tes HbsAg, namun mungkin kita sering berpikir sebenarnya apa Manfaat Tes HBsAg untuk Mendiagnosis Hepatitis B. Nah untuk mengetahui manfaat tes tersebut kami disini akan jelasnya secara detailnya, untuk itu bagi anda yang penasaran dengan manfaat tersebut mari simak artikel di bawah ini sampai selesai.

Manfaat Tes HBsAg untuk Mendiagnosis Hepatitis B

Tes HBsAg (Hepatitis B Surface Antigen) dilakukan sebagai salah satu cara untuk mendeteksi penyakit Hepatitis B. Jika hasil tes menunjukkan hasil yang positif, maka hal tersebut menandakan adanya virus hepatitis B di dalam tubuh.

Hepatitis B merupakan salah satu masalah kesehatan yang masih banyak ditemukan di Indonesia. Menurut Kementrian Kesehatan, pada tahun 2014 terdapat sekitar 28 juta penduduk Indonesia dengan hepatitis B.

Penyakit hepatitis B kadang waktu dapat tidak terdeteksi, sebab ada sebagian penderita yang tidak merasakan gejala ketika terinfeksi virus hepatitis B. Adapun gejala yang dapat terjadi pada penyakit hepatitis B, seperti:

  • Demam.
  • Nyeri perut.
  • Mual dan muntah.
  • Urine berwarna gelap.
  • Kulit dan mata kuning.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Lelah yang berkepanjangan.
  • Kotoran yang berwarna keputihan.

Untuk mendiagnosis bersama tepat, dokter perlu jalankan pengecekan fisik, tes manfaat hati, dan serologi hepatitis B terhitung tes HBsAg lewat sampel darah. Sebagai cara deteksi dan penanganan dini, tes HBsAg pada ibu hamil dan bayi baru lahir terhitung penting dilakukan.

Baca Juga : Apakah Daun Jarak Bisa Mengatasi Hepatitis?

Hubungan Tes HBsAg bersama Hepatitis B

HBsAg merupakan protein yang terdapat pada permukaan virus hepatitis B. Tes HBsAg yang membuktikan hasil positif, menandakan bahwa seseorang terinfeksi virus hepatitis, dan barangkali dapat menulari virus selanjutnya pada orang lain. Namun, tes ini tidak dapat jadi hanya satu patokan, sebab hasil HBsAg yang positif termasuk dapat terjadi dalam kala 2 minggu pasca vaksinasi hepatitis B pada sebagian orang.

Jika diperlukan, dapat dilakukan tes tambahan untuk menegaskan infeksi hepatitis B, yakni tes Anti HBc, anti HBs, dan IgM anti HBc. Dengan serangkaian tes tersebut, dapat diperoleh hasil untuk menegaskan penyakit hepatitis B yang dialami, sekaligus paham hepatitis B yang diderita masuk ke step akut atau kronis.

Hepatitis Akut

Pada penyakit hepatitis B akut misalnya, hasil tes akan menunjukkan:

  • HBsAg positif
  • anti HBc positif
  • IgM anti-HBc positif
  • Anti-HBs negatif

Infeksi hepatitis B akut biasanya akan terjadi dalam waktu singkat, yaitu berkisar 1-3 bulan. Setelah terjadinya infeksi hepatitis B, tubuh bisa kembali pulih sepenuhnya dalam kurun waktu beberapa bulan dengan dukungan sistem kekebalan tubuh yang baik. Jika sistem kekebalan tubuh tidak bisa melawan tuntas virus hepatitis B, maka dapat berkembang menjadi hepatitis B kronis.

Hepatitis kronis

Pada hepatitis B kronis, hasil tes menunjukkan:

  • HbsAg positif
  • Anti-HBc positif
  • IgM anti-HBc negatif
  • Anti-HBs negatif

Apabila infeksi hepatitis B terjadi selama lebih dari 6 bulan maka suasana ini termasuk hepatitis B kronis. Gejala hepatitis B gawat kebanyakan lebih mudah atau tidak bergejala, dan sering kambuh. Jika sistem kekebalan tubuh tidak optimal, maka sulit melawan infeksi virus hepatitis B. Bahkan seseorang yang menderita infeksi hepatitis B gawat barangkali sanggup menderita penyakit ini selama hidupnya.  Kondisi ini kemudian sanggup sebabkan komplikasi sungguh-sungguh layaknya sirosis dan kanker hati, jikalau tidak diobati.

Untuk mendapat pertolongan dari penyakit hepatitis B, Anda mesti mendapat vaksinasi hepatitis B, meniti pola hidup sehat, jauhi prilaku berisiko layaknya seks bebas dan share memanfaatkan jarum suntik. Melakukan pengecekan kesehatan rutin, terhitung tes HBsAg, terhitung merupakan salah satu cara penting di dalam mendeteksi dini penyakit hepatitis B.

Nah jika anda terdiagnosisi penyakit hepatitis B selain dengan melakukan pengobatan medis anda juga perlu pendamping untuk membantu mempercepat pengobatan yang sedang anda jalankan dan salah satu pendamping yang tepat yaitu dengan menggunakan obat herbal Jelly Gamat Gold G.

Jelly Gamat Gold G terbuat dari ekstrak teripang emas, yaitu teripang jenis Golden Stichopus Variegatus yang merupakan teripang pilihan jenis terbaik dari 1.000 jenis lebih teripang yang ada di seluruh dunia. Hewan laut ini telah diuji dan diteliti oleh para ahli dan hasilnya menunjukkan bahwa teripang emas memiliki banyak kandungan yang sangat bagus khasiatnya teruji efektif mengobati penyakit secara alami.

Untuk lebih jelasnya silahkan klik disini Kandungan Jelly Gamat Untuk Hepatitis yang ampuh manjur dan mujarab dalam mengatasi penyakit sampai tuntas.

Demikianlah artikel tentang Manfaat Tes HBsAg untuk Mendiagnosis Hepatitis B yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi diatas bisa bermanfaat terutama bagi anda yang menderita penyakit hepatitis.

Post by : Obat Hepatitis Ampuh

Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *