Manfaat Kayu Manis Untuk Hepatitis

Manfaat Kayu Manis Untuk Hepatitis

Selamat datang kembali dan terimakasih telah berkenan untuk mengunjungi website kami, dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Manfaat Kayu Manis Untuk Hepatitis. Nah untuk mengetahui benar atau tidaknya kayu manis mempunyai manfaat untuk mengatasi penyakit hepatitis mari simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Kayu Manis Untuk Hepatitis

Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.

Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.

Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.

Kandungan Kayu Manis

Kandungan kimia kayu manis antara lain adalah minyak atsiri, eugenol, safrole, sinamaldehide, tanin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyamak. Sifat kimia dari kayu manis antara lain pedas, sedikit manis, hangat, dan wangi.

Menurut pakar obat-obatan herbal, Prof Hembing Wijayakusuma, kayu manis memiliki banyak khasiat obat. Di antaranya, obat asam urat, obat tekanan darah tinggi (hipertensi), obat radang lambung atau obat maag (gastritis), tidak napsu makan, obat vertigo (sakit kepala), obat masuk angin, perut kembung, obat diare, obat muntah-muntah, obat hernia, obat susah buang air besar, obat sariwan, obat asma, obat sakit kuning, dan lain-lain.

Manfaat Kayu Manis

Kayu manis yang menyimpan berbagai bahan aktif yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh Anda, salah satunya yaitu flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Sehingga hal ini dapat membantu tubuh dalam melawan kerusakan sel akibat dari radikal bebas. Selain itu juga, cinnamon ini memiliki kandungan minyak esensial yang memberikan aroma serta memiliki sifat anti radang, antivirus dan antibakteri.

Dari kandungan tersebut, maka kayu manis sering dimanfaatkan untuk membantu menurunkan risiko berbagai penyakit. Hal ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa cinnamon ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker dan juga penyakit neurodegeneratif.

Tetapi perlu diketahui juga bahwa, mengkonsumsi kayu manis bisa membahayakan bagi beberapa orang. Berikut penjelasannya.

Cinnamon memang memiliki banyak manfaat, tetapi pada rempah-rempah tersebut juga memiliki risiko pada kesehatan tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Kayu manis yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Selain itu juga, pada minyak kayu manis yang dioleskan ke kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan bahkan iritasi.

Mengkonsumsi cinnamon dengan jumlah yang tinggi juga dapat membahayakan seseorang yang mengidap penyakit liver. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kumarin yang ada didalam kayu manis. Kumarin adalah agen antikoagulan yang dapat mempengaruhi pada kemampuan darah untuk menggumpal. Menurut salah satu penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry, bagi orang yang sensitif terhadap kumarin, dengan mengkonsumsi cinnamon dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan risikonya mengalami kerusakan pada organ hati (liver). Sehingga mengkonsumsi kayu manis dengan jumlah yang banyak sangat tidak disarankan bagi orang yang memiliki gangguan liver.

Ada dua jenis kayu manis yang dapat ditemui, yaitu, kayu manis cassia dan ceylon. Dari kedua jenis kayu manis tersebut mengandung senyawa kumarin namun dengan jumlah yang berbeda. Kayu manis cassia atau yang dikenal sebagai kayu manis biasa ini mengandung kumarin dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan kayu manis ceylon. Tetapi kedua jenis kayu manis tersebut tidak bisa dibedakan jika sudah dalam bentuk bubuk.

Lalu Berapa Banyak Cinnamon Untuk Dikonsumsi Supaya Aman?

Biasanya cinnamon yang didapatkan dari makanan atau minuman masih dalam jumlah yang kecil sehingga tidak sampai bisa membahayakan pada kesehatan. Jadi Anda tidak perlu khawatir apabila mengonsumsi kayu manis yang terdapat pada makanan atau minuman. Akan tetapi, Anda juga harus mengetahui berapa banyak kayu manis yang aman untuk dikonsumsi. Disarankan untuk tidak lebih dari 2-4 gram setiap harinya. Hal ini tergantung dari kandungan kumarin dalam cinnamon tersebut.

Pada kayu manis jenis cassia yang mengandung kumarin akan lebih banyak disarankan supaya tidak dikonsumsi lebih dari 2 gram per harinya. Sedangkan pada kayu manis ceylon dapat Anda konsumsi hingga 4 gram per harinya.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Molecular Nutrition & Food Research tahun 2010, asupan kumarin masih dapat ditoleransi oleh tubuh sebesar 0,1 mg per kg berat badan per hari. Jika asupan kumarin lebih maka dapat menyebabkan keracunan hati dan kanker.

Rekomendasi Dari Kami Untuk Mengatasi Penyakit Hepatitis

Jika anda menderita penyakit hepatitis kini ada rekomendasi terbaik untuk mengobati penyakit hepatitis secaar alami dan aman yaitu dengan menggunakan obat herbal jelly gamat gold g. Jelly Gamat Gold G merupakan obat herbal hepatitis B paling tepat terbuat dari teripang laut yang diolah secara modern dengan teknologi paling mutakhir. Berdasarkan hasil penelitian teripang laut type Golden Stichopus Variegatus memiliki persentase protein, kolagen, mineral, mukolisakarida, glucasaninoglycans, antiseptik, chondroitin, asam amino, omega 3, 6, dan 9 yang berkhasiat sembuhkan berbagai type penyakit.

Hasil penelitian yang dikerjakan Prof.Dr.Hassan Yaakob, Phd berasal dari Universitas Malaysia menyebutkan teripang sanggup merontokan racun didalam hati agar terlampau tepat digunakan mendukung sembuhkan penderita Hepatitis B, tak hanya itu sanggup juga untuk menambah energi tahan tubuh, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, membuat sembuh sakit maag, dan sanggup juga membuat sembuh asma kronis. Bisa juga digunakan untuk penyembuhan pada luka sebab teripang tinggi persentase protein dan kolagennya.

Baca Juga : Kandungan Dan Khasiat Jelly Gamat Gold G

Demikianlah artikel untuk kali ini, semoga apa yang telah kami sampaikan diatas bisa bermanfaat sehingga bisa membantu mengatasi masalah penyakit hepatitis yang anda derita saat ini. Salam Sehat Dari Toko Zahra Herbal.

Artikel Lainnya:

Ciri Ciri Orang Terkena Hepatitis

Manfaat Sayur Kale Untuk Hepatitis

Bahaya Penyakit Hepatitis Jika Tidak Segera Diobati

Post by : Obat Hepatitis Ampuh

 

1 Response

  1. August 16, 2018

    […] Manfaat Kayu Manis Untuk Hepatitis […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *