Makanan Yang Dilarang Penderita Hepatitis

Makanan Yang Dilarang Penderita Hepatitis

Mengetahui Makanan Yang Dilarang Penderita Hepatitis merupakan hal yang penting bagi anda yang saat ini tengah menderita hepatitis. Pasalnya, selain pengobatan, penderita hepatitis juga perlu untuk memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi, karena itu akan dapat mempengaruhi perkembangan hepatitis yang diderita. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya mari simak pembahasannya berikut ini!

Makanan Yang Dilarang Penderita Hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit yang membuat kualitas hidup seorang menurun drastis dan bahkan berisiko menyebabkan kematian. Hepatitis sendiri seperti diketahui dibedakan menjadi beberapa jenis. Umumnya virus hepatitis B dan C menyebabkan kerusakan hati secara masif dan sistematis.

Menurut ahli gastroenterologi, seseorang yang sudah terdiagnosa terkena hepatitis mereka harus mendapatkan pengobatan intensif dari dokter spesialis. Sebab, jika tak ditangani dengan cepat dan tak tepat, penyakitnya berkembang dan jadi sulit diobati.

Penderita hepatitis perlu lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Perbanyak konsumsi makanan bergizi dan hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan tertentu. Pasalnya, beberapa makanan tertentu dikenal bisa merusak fungsi hati sehingga berisiko memperburuk kondisi Anda. Berikut ini adalah beragam Makanan Yang Dilarang Penderita Hepatitis, di antaranya :

Makanan tinggi protein

Kerusakan hati akibat hepatitis bisa menyebabkan penggumpalan ammonia dalam tubuh. Kelebihan racun ammonia dalam tubuh bisa merusak fungsi otak. Banyak ahli gizi dan kesehatan yang menganjurkan bahwa Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 1 g protein per 1 kg berat badan Anda setiap harinya. Makanan yang tinggi lemak meliputi daging, unggas, ikan, produk susu, kacang polong, kacang dan biji-bijian, dan beberapa sereal.

Makanan tinggi garam

Hati yang terlanjur mengalami kerusakan akibat hepatitis tidak dapat memproses garam (natrium) sepenuhnya. Kadar natrium tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah, yang kemudian berkontribusi terhadap penyakit perlemakan hati. Makanan kaleng, termasuk sup, daging, atau sayuran kaleng, memiliki kandungan gula dan garam yang tinggi, yang menyebabkan pembengkakan perut dan retensi cairan. Baca label gizi dan kurangi asupan makanan olahan tinggi garam seperti daging, bacon, kornet, dan sosis. Konsultasikan pada dokter mengenai obat-obatan yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah Anda.

Makanan tinggi lemak jenuh

Menderita hepatitis bukan berarti harus serta merta menghindari asupan lemak. Hepatitis bisa menyebabkan Anda mengalami penurunan berat badan tanpa disadari. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi lemak demi menjaga berat badan tetap stabil. Selain itu, kerusakan hati bisa menurunkan kemampuan hati untuk menghasilkan cairan empedu. Cairan empedu diperlukan bagi tubuh untuk mencerna dan menyerap lemak.

Namun demikian, jangan mengonsumsi sembarangan lemak. Tubuh Anda membutuhkan lemak yang sehat, misalnya makanan yang tinggi lemak tidak jenuh yaitu minyak zaitun, minyak canola, dan alpukat. Hindari makanan tinggi lemak jenuh atau lemak trans. Contoh makanan tinggi lemak jenuh adalah mentega, susu dan semua produk hewani.

Makanan manis

Makanan manis adalah satu lagi pantangan makanan bagi pengidap hepatitis. Ini karena makanan manis mengandung karbohidrat sederhana yang dapat menyebabkan gula darah melonjak drastis. Gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan diabetes, yang bisa meningkatkan risiko penyakit hati atau memperparah kerusakan hati. Boleh saja mengonsumsi makanan manis, tapi batasi beberapa jenis makanan manis seperti kue kering, roti putih, dan makanan yang mengandung gula tambahan. Baiknya, perbanyak makan makanan yang mengandung gula alami dan karbohidrat berserat, seperti stroberi, jeruk, atau apel. Serat makanan memperlambat penyerapan glukosa darah dalam tubuh, yang membantu menyeimbangkan gula darah.

Alkohol dan minuman keras

Alkohol dan minuman keras berada di peringkat pertama pantangan makanan untuk pengidap hepatitis. Sebisa mungkin hindari minum bir, wine, champagne, serta minuman beralkohol lainnya. Alkohol bersifat racun yang dapat menghambat penyerapan gizi makanan. Mengonsumsi alkohol, bahkan hanya porsi kecil sekalipun, dapat memicu penyakit perlemakan hati alkoholik. Ini kemudian meningkatkan risiko penderita hepatitis terhadap fibrosis dan sirosis parah, serta memburuknya gejala hepatitis seperti perkembangan kerusakan hati tingkat lanjut. Asupan alkohol berlebih akan menyia-nyiakan efek terapi interferon, obat hepatitis yang umum diresepkan dokter untuk mengurangi risiko Anda mengembangkan penyakit hati.

Perlu juga diperhatikan bahwa alkohol di sini bukan hanya dalam bentuk minuman keras. Beberapa obat nyeri yang dijual bebas seperti obat batuk sirup juga mengandung alkohol.

Hati merupakan organ penting yang bekerja tanpa henti menguras racun dari dalam tubuh. Oleh karena itu, memilah-milih makanan yang tepat adalah bagian penting dari proses pengobatan hepatitis dan penyakit hati lainnya. Semakin berhati-hati Anda dalam memilih makanan, semakin sehatlah Anda.

Itulah beragam Makanan Yang Dilarang Penderita Hepatitis sebagai sebuah pantangan dalam proses pengobatan. Penderita hanya cukup membatasi konsumsi makanan-makanan di atas tiap harinya. Sebaliknya, perbanyak konsumsi makanan yang bagus untuk penderita hepatitis. Selain itu, jangan lupa untuk memilih pengobatan hepatitis yang bagus dan tentunya ampuh serta aman tanpa efek samping yang membahayakan.

Ada rekomendasi lain yang bisa anda pilih untuk mengobati penyakit hepatitis, yaitu obat herbal Jelly Gamat Gold G alias GOLD-G Bio Sea Cucumber. OBAT HEPATITIS AMPUH ini sudah teruji dan terbukti khasiatnya, sudah ada testimoninya. Kualitasnya pun tidak perlu diragukan, karena sudah terdaftar di BPOM RI dan memiliki sertifikasi HALAL.

Baca Juga : Khasiat Jelly Gamat Gold G

Legalitas Jelly Gamat Gold G

Jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu dan mengatahui informasi lebih lanjutnya, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 223 557 127

SMS/WA/Telp : 085 793 507 222

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Baca artikel menarik lainnya :

Makanan Yang Bagus Bagi Penderita Hepatitis

Perbedaan Penyakit Kuning Dan Hepatitis

Testimoni Jelly Gamat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *