Begini Cara Penularan Penyakit Hepatitis B

Begini Cara Penularan Penyakit Hepatitis B

Seperti diketahui, hepatitis B termasuk salah satu penyakit yang sangat menular. Dan Begini Cara Penularan Penyakit Hepatitis B yang harus anda ketahui, dan waspadilah penularan hepatitis B ini! Mari kita simak pembahasannya berikut ini!

Begini Cara Penularan Penyakit Hepatitis B

Gaya hidup yang tidak sehat dapat menjadi penyebab hepatitis B menjangkiti seseorang. Sebab virus hepatitis B termasuk yang mudah menular kepada orang lain. Penularannya bisa melalui tranfusi darah, jarum suntik yang digunakan bersama-sama, atau bahkan alat kebersihan yang dilakukan bersama-sama seperti sikat gigi, handuk dan lain sebagainya.

Hepatitis B adalah penyakit hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B adalah salah satu penyakit hepatitis yang paling umum dari hepatitis virus. Namun penyakit hepatitis B memiliki penyebab lain, termasuk penggunaan obat-obatan, mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang, timbunan lemak di hati, dan paparan bahan kimia tertentu.

Virus hepatitis B menyebar melalui darah, air mani, atau cairan vagina (termasuk darah haid) dari orang yang terinfeksi virus hepatitis B dan masuk ke tubuh orang lain yang tidak terinfeksi. Pada umumnya virus hepatitis B masuk ke dalam tubuh orang yang normal terjadi dengan beberapa cara, antara lain :

Hubungan seksual yang tidak aman

Virus hepatitis B masuk ke dalam tubuh seseorang salah satunya dengan cara berhubungan seksual yang tidak aman. Setelah virus hepatitis B berada di dalam tubuh, virus beristirahat pada lapisan rektum, vagina, uretra, atau mulut. Risiko yang sering terjadi dalam penyebaran virus hepatitis B adalah adanya kontak seksual dengan penderita penyakit hepatitis B.

Pernak-pernik tubuh seperti tato dan tindik

Ketika ditindik atau ditato, jarum yang digunakan dapat menjadi penyebab hepatitis B menyebar. Hal itu terjadi jika jarum yang digunakan tidak dibersihkan (steril). Karena itu alangkah baiknya jika hendak memasang tato atau tindik, gunakan jarum suntik yang baru dan steril dari virus apapun, agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Kenapa Hepatitis B Mudah Menyebar di Indonesia?

Menggunakan alat kebersihan secara bersama-sama

Pisau cukur dan sikat gigi bisa menjadi penyebab hepatitis B menyebar dilingkungan kita. Hal ini jika pisau cukur dan sikat gigi digunakan bersama-sama. Karena pada sikat gigi dan pisau cukur terkadang tersisa darah, darah inimah yang dapat menyebarkan virus, apalagi jika darah ini termasuk darah yang terkontaminasi. Karena itu jika berhubungan dengan alat kebersihan pribadi, sebaiknya digunakan sendiri saja, tidak digunakan bersama-sama.

Di masa lalu, transfusi darah menjadi penyebab hepatitis B menular kepada banyak orang, terutama yang sudah menggunakan atau cuci darah. Transplantasi organ juga bisa menjadi penyebab hepatitis B menyebar. Namun, hari ini semua darah yang didonorkan dan organ tubuh yang didonorkan di beberapa negara harus disaring terlebih dahulu dan dibebaskan dari virus. Sehingga sangat tidak mungkin bahwa Anda bisa terinfeksi dari virus melalui transfusi darah atau transplantasi organ.

Menggunakan jarum suntik secara bersama-sama

Orang-orang yang berbagi jarum dan peralatan lainnya (seperti kapas, sendok, dan air) yang digunakan untuk menyuntikkan obat-obatan terlarang menjadi penyebab hepatitis B menyebar diantara para pengguna jarum suntik. Karena itu hindari penggunaan jarum suntik secara bersamaan, walaupun jarum suntik yang digunakan untuk kesehatan.

Pekerjaan tertentu, seperti ahli laboratorium

Orang yang mempunyai pekerjaan dalam menangani darah seperti ahli laboratorium, yang terbiasa mengambil sampel darah bagi para pasien penyakit tertentu, bisa menjadi indikator tersebarnya virus hepatitis. Petugas kesehatan yang seperti ini beresiko terinfeksi virus jika mereka tidak sengaja tertusuk oleh jarum yang digunakan atau alat tajam lainnya yang terkontaminasi dari darah orang yang terinfeksi. Infeksi juga dapat terjadi jika petugas kesehatan terkena percikan darah dari orang yang terinfeksi yang mengenai mata, mulut atau kulit yang luka.

Ketika melahirkan

Ibu hamil yang terinfeksi virus hepatitis B dapat dipastikan bayinya tertular virus hepatitis B. Bayi yang baru lahir tertular virus hepatitis B dari ibunya ketika persalinan. Karena saat bayi lahir, terjadi kontak cairan antara ibu dengan bayinya. Walaupun begitu menyusui tidak menularkan virus dari seorang ibu yang memiliki virus hepatitis B kepada anaknya.

Demikian pembahasan mengenai “Begini Cara Penularan Penyakit Hepatitis B”. Sementara itu, untuk mengobati hepatitis B, ada rekomendasi yang bagus berupa OBAT HEPATITIS AMPUH, yaitu GOLD-G Bio Sea Cucumber atau biasa disebut Jelly Gamat Gold G. Khasiatnya sudah terbukti ampuh, manjur dan mujarab, sudah banyak testimoninya. Kualitasnya pun tidak perlu diragukan, karena sudah terdaftar di BPOM RI dan memiliki sertifikasi HALAL.

Baca Juga : Testimoni Jelly Gamat Gold G

Legalitas Jelly Gamat Gold G

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 223 557 127

SMS/WA/Telp : 085 793 507 222

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

 

Baca artikel menarik lainnya :

1 Response

  1. August 21, 2018

    […] Begini Cara Penularan Penyakit Hepatitis B […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *